Puluhan WNA Akan Segera Dideportasi Imigrasi Mimika

198
Ilustrasi paspor Cina

HarianPapua.com – Sebanyak 21 Warna Negara Asing (WNA) akan segera dideportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas II Mimika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua pada bulan Januari 2019 mendatang.

Adapun para WNA tersebut ditangkap pada bulan Juni 2018 di wilayah Kabupaten Nabire dengan tindak pidana penyalahgunaan visa turis untuk digunakan bekerja di wilayah NKRI.

“Mereka dijatuhi hukuman lima bulan penjara dan denda masing-masing orang sebesar Rp 10 juta karena melanggar UU nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian yang mana telah menyalahgunakan izin tinggal yaitu menggunakan visa kunjungan wisata untuk bekerja” terang Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Mimika Jesaja Samuel Enock, Kamis (27/12/2018).

Total ada 21 WNA yang akan dideportasi Kantor Imigrasi Kelas II Mimika dengan rincian 16 warga negara Cina, empat warga negara Jepang dan 1 warga negara Korea Selatan.

Puluhan WNA tersebut diketahui bekerja di wilayah pertambangan emas rakyat di Kabupaten Nabire dan hingga saat ini masih terus dilakukan penyelidikan tentang siapa yang bertanggung jawab atas masalah para pekerja asing tersebut.