Polisi Gagalkan Penyelundupan Miras Dari Ambon ke Sorong

112
Anggota Kepolisian Resor Ambon dan Pulau-Pulau Lease menyita minuman keras jenis sopi yang ditimbun di bawah buah tomat di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Selasa (29/1/2019) Foto: Kumparan

HarianPapua.com – Kepolisian Resor (Polres) Ambun dan Pulau-Pulau Lease berhasil menggagalkan penyelundupan 700 liter minuman keras lokal jenis Sopi yang hendak dikirimkan via jalur laut menuju Kabupaten Sorong, Selasa (29/1/2019).

Kasubag Humas Polres Ambon, Ipda Julkisno Kaisupi, mengatakan bahwa minuman keras jenis sopi itu akan diberangkatkan dari Pelabuhan Yos Sudarso menggunakan kapal milik Pelni, yakni KM Sirimau dan KM Dobonsolo, dengan tujuan Pelabuhan Sorong, Papua Barat.

Untuk mengelabui petugas, salah satu penumpang kapal berinisial FM mengemas 500 liter sopi ke dalam peti yang dicampur dengan buah tomat, yang ditemukan di kapal KM Dobonsolo.

Sementara itu, 200 liter sisanya ditemukan di KM Sirimau, dikemas dalam karton air mineral tanpa keterangan pemilik.

“Sopi dibungkus dengan karung dan dimasukkan ke dalam peti kayu, kemudian ditutupi dengan buah tomat untuk mengelabui aparat kepolisian saat melakukan razia,” kata Ipda Julkisno.

Sopi hasil temuan tersebut kemudian dimusnahkan di atas dermaga Pelabuhan Yos Sudarso, sementara sebagian lainnya dibawa ke Mapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.
Pemusnahan ratusan liter sopi dipimpin langsung Kapolres Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Sutrisno Hady.

Para pelaku penyelundupan minuman keras lokal jenis Sopi tersebut kini telah ditahan untuk diproses lebih lanjut.