Perekaman e-KTP di Papua Masih di Bawah 75%

136
Perekaman e-KTP di Kota Jayapura

HarianPapua.com – Perubahan dalam pelayanan e-KTP masih belum juga dapat dilihat dengan progres perekaman e-KTP di Provinsi Papua yang masih saja di bawah 75 persen.

Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk menyebutkan bahkan ada kabupaten di pegunungan tengah Papua yang belum melakukan perekaman e-KTP sama sekali.

“Kami terus berusaha mengejar presentase perekaman e-KTP. Kami butuh kerjasama semua pihak dalam mendukung program nasional ini,” jelasnya, Kamis (24/1).

Ribka menuding banyaknya kepala daerah yang tidak proaktif mendukung perekaman hingga ke kampung-kampung yang dipimpinnnya.

Data dari Dinas Kependudukan setempat menyebutkan hanya kabupaten induk saja yang berhasil melaksanakan perekaman e-KTP hingga 90%, diantaranya di Kabupaten dan Kota Jayapura, Merauke, Mimika, Biak Numfor dan Jayawijaya.

Sementara pada kabupaten pemekaran sebagian besar perekaman e-KTP masih dibawah 10%, misalnya di Kabupaten Paniai, Deyai, Dogiyai, Intan Jaya, Tolikara, Yalimo, Pegunungan Bintang, Puncak, Lanny Jaya dan lainnya.