Microsoft Berhenti Dukung Windows Mobile 10

169
Ilustrasi Windows mobile 10

HarianPapua.com – Microsoft secara resmi mengeluarkan pernyataan untuk tidak lagi mendukung platform windows mobile 10 mulai Desember 2019 mendatang.

Pada 2017, Microsoft mengatakan bahwa mereka tidak lagi mengembangkan fitur atau ponsel baru untuk Windows 10 Mobile. Meskipun begitu, mereka masih terus memberikan update software dan keamanan. Per 10 Desember 2019, Microsoft akan berhenti memberikan update keamanan.

“Windows 10 Mobile, versi 1709 (rilis Oktober 2017) adalah rilis terakhir Windows 10 Mobile dan Microsoft akan berhenti memberikan dukungan pada 10 Desember 2019,” tulis Microsoft, seperti yang dikutip dari The Verge.

Microsoft kini mendorong para pengguna Windows 10 Mobile untuk menggunakan perangkat berbasis iOS atau Android. “Dengan akhir dukungan untuk Windows 10 Mobile OS, kami merekomendasikan para pelanggan untuk menggunakan perangkat Android atau iOS yang masih mendapatkan dukungan,” tulis Microsoft dalam halaman FAQ.

Microsoft menyebutkan, setelah mereka berhenti memberikan dukungan update per Desember, dukungan backup perangkat untuk beberapa aplikasi dan pengaturan ponsel masih akan berlanjut samai 10 Maret 2020. “Beberapa layanan seperti pengunggahan foto dan pemulihan perangkat dari perangkat backup mungkin masih akan terus bekerja sampai 12 bulan sejak akhir dari dukungan perusahaan.”

Microsoft menghentikan dukungan untuk Windows Phone 8.1 pada 11 Juli 2017. Karena itu, keputusan mereka untuk menghentikan dukungan untuk perangkat dengan Windows 10 Mobile bukanlah hal yang aneh. Sekarang, fokus Microsoft dalam industri mobile adalah mengembangkan aplikasi dan layanan untuk iOS dan Android.

Langkah yang dilakukan Microsoft tersebut disinyalir merupakan langkah tepat untuk menyelamatkan pasar Windows Mobile 10 agar kedepannya tidak menemui jalan buntu seperti yang pernah dialami oleh produsen Blackberry beberapa waktu lalu.