Lima Ratusan Personel Polres Jayapura Siap Amankan TPS

39
Ilustrasi KPU

HarianPapua.com – Sebanyak 550 personel Polres Jayapura disiagakan di berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019 di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua untuk mengamankan jalannya puncak pesta demokrasi yang akan berlangsung pada tanggal 17 April mendatang.

Upacara apel pergeseran pasukan yang diikuti 550 personel itu dalam rangka pengamanan TPS Pemilu 2019 dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Resort Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon. Apel itu berlangsung di lapangan Mapolres Jayapura, Minggu pagi.

Apel dihadiri para pejabat utama Polres Jayapura, anggota BKO Polda Papua, BKO Kodim 1701 Jayapura, Batalyon 751 R dan 550 personil Polres dan BKO Polda Papua yang akan melaksanakan pengamanan di TPS di wilayah setempat.

Kepolisian Resort Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon ketika dikonfirmasi mengatakan, apel gelar pasukan itu sekaligus pergeseran pasukan pengamanan TPS pemilu.

“Kami melaksanakan apel gelar sekaligus pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan TPS, ada 550 personel yang terlibat dan akan ditempatkan di 19 distrik, 144 kampung dengan total 531 TPS di Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menjelaskan, ada beberapa TPS yang dianggap rawan sehingga dijaga dua anggota sekaligus dan pengamanan TPS sepenuhnya ada ditangan TNI/Polri.

“Berhasil tidaknya pelaksanaan pemilu ini ada di tangan rekan-rekan kami yang bertugas di TPS-TPS, siapa pun yang menang itulah pilihan masyarakat, kita jamin keamanan, jamin pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2019 ini dengan aman,” katanya.

Dari titik pengambilan kotak suara di gedung Puspenka, kata dia, pihaknya akan mengawal logistik-logistik pemilu tersebut sampai ke masing-masing TPS hingga selesainya pemungutan dan dikembalikan.

“Pada hari ini juga ada satu distrik yang langsung diberangkatkan, Distrik Airu dikarenakan terjauh di Kabupaten Jayapura, dilanjutkan besok hingga sehari sebelum pencoblosan anggota sudah berada di TPS masing-masing,” katanya.

Selaku Kapolres Jayapura, tambah dia, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu 2019, jangan golput tentukan pilihan Anda demi kemajuan bangsa dan negara.