Kapolri Sarankan Korban Luka Berat Dibawa ke Jakarta

151
Kapolri Tito Karnavian ketika berada di tengah warga yang terkena dampak banjir bandang di Kabupaten Jayapura, Minggu (24/3/2019)

HarianPapua.com – Ditengah kunjungannya untuk melihat para korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura, Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian menyarankan agar para korban luka berat sebaiknya dibawa menuju rumah sakit besar di Jakarta.

Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan lebih baik karena rumah sakit besar di Jakarta memiliki sejumlah fasilitas kesehatan yang cukup lengkap.

“Kapolri menyarankan agar proses perawatan korban luka berat seperti patah tulang ditangani di Rumah Sakit besar seperti dibawa Ke Jakarta agar penanganannya cepat dan baik,” terang Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo dalam keterangan resmi, Minggu (24/3/2019).

Tito Karnavian yang pernah menjadi Kapolda Papua menyambangi Bumi Cenderawasih setelah Kabupaten Jayapura diterjang banjir bandang yang menelan korban jiwa hingga lebih dari 100 korban meninggal dunia.

Kapolri hadir ditemani Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk melihat langsung proses evakuasi korban bencana alam di Jayapura tersebut.

Dedi menjelaskan setibanya di Jayapura, Kapolri dan Panglima TNI beserta rombongan transit dan menerima laporan perkembangan penanganan pasca bencana banjir bandang sentani yang disampaikan oleh Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar.

“Danrem menyampaikan penanganan bencana banjir bandang dan tanah longsor tersebut sudah berlangsung dan sudah didirikan posko inti terpadu terbagi menjadi satgas,” katanya.

Kemudian menurut Dedi, Kapolri dan Panglima TNI juga meninjau posko trauma healing anak anak korban bencana banjir bandang. Menurut Dedi, Kapolri dan Panglima TNI disambut hangat oleh nyanyian anak korban bencana banjir bandang.