Indonesia Undang Dewan HAM PBB ke Papua

256
Komisioner HAM PBB, Michelle Bachelet (Foto: UN)

HarianPapua.com – Pemerintah Indonesia dengan tangan terbuka telah mengundang perwakilan Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk datang dan meninjau langsung tentang situasi terkini di wilayah Provinsi Papua.

Undangan resmi tersebut diberikan langsung lewat Wakil Tetap RI untuk PBB di Jenewa, Duta Besar Hasan Kleib, yang telah mengonfirmasi undangan untuk KTHAM PBB yang akan diwakili langsung oleh kantor regional-nya di Bangkok untuk berkunjung ke Papua.

“Undangan sudah disampaikan, jadi tidak bisa dikatakan KTHAM PBB masih menunggu undangan,” kata Dubes Hasan dilansir Liputan6.com, Rabu (30/1/2019).

“Pada Oktober 2018 lalu ketika saya mengadakan pertemuan bilateral dengan KTHAM yang baru, Michelle Bachelet, dibahas juga pengaturan dan jadwal kunjungan tersebut.” katanya.

“Saat ini sedang dikoordinasikan jadwal kunjungan pada tahun 2019 ini,” lanjutnya. “Hal yang masih tertunda adalah waktu yang disepakati bersama untuk kunjungan tersebut.”

Menambahkan, Hasan Kleib mengatakan bahwa ia telah bereaksi di Sidang Dewan HAM PBB pada 2018 ketika KTHAM mengkritik “Indonesia belum memberikan akses.”

“Kenyataannya yang terjadi adalah bahwa kantor perwakilan KTHAM PBB di Bangkok kurang koordinasi dan beberapa kali fait accompli jadwal kunjungan yang disampaikan 1-2 hari sebelumnya tanpa terlebih dahulu koordinasi dengan Indonesia.”

Undangan yang diberikan pemerintah Indonesia tersebut merupakan jawaban dari permintaan PPB untuk bisa mengakses langsung wilayah Provinsi Papua yang selama ini dinilai tidak mendapatkan kemajuan dan dukungan dari pemerintah pusat terlebih khusus masalah Hak Asasi Manusia (HAM).