Gelombang Laut di Perairan Biak Capai 3 Meter

169
Ilustrasi gelombang laut

HarianPapua.com – Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengeluarkan peringatan dini untuk pengguna transportasi laut di perairan Pasifik Utara Biak karena tinggi gelombang mencapai 2,5-3,0 meter.

Data dari Stasiun BMKG Biak, Sabtu (02/02/2019), dilaporkan peringatan dini gelombang tinggi perairan Utara Papua berlaku pada 2 Februari 2019. Untuk tinggi gelombang laut di perairan Samudera Pasifik Utara Kepulauan Biak Numfor diprakirakan mencapai 2 hingga 3,5 meter.

Sedangkan keadaan cuaca diprakirakan akan hujan lokal dengan angin dari arah Barat-Utara dengan kecepatan 6-16 knots. Sementara perairan Biak, cuaca akan terjadi hujan lokal dan angin arah Barat Utara dengan kecepatan 6 – 16 knots dan tinggi gelombang mencapai 0.5-2.5 meter.

Di perairan Teluk Cenderawasih keadaan cuaca akan hujan Lokal serta angin arah Barat- Utara dengan kecepatan 6-16 knots dan tinggi gelombang 0.5-1.25 meter, lain halnya untuk perairan Samudera Pasifik Utara Jayapura, keadaan cuaca diprakirakan hujan Lokal dan angin bertitup arah Barat-Utara dengan kecepatan 6 -16 knots serta tinggi gelombang 2-3.5 meter.

Sedangkan di perairan Sarmi cuaca hujan Lokal dengan angin arah Barat-Utara kecepatan 6-16 knots dan untuk tinggi gelombang perairan Sarmi mencapai 0.75-2meter. Pada Sabtu pukul 09.00 WIT, aktivitas warga pesisir pantai di perairan Biak berjalan normal meski tinggi gelombang mencapai 2-3meter.