Ekonomi Papua Meningkat Tajam

247
Jalan Trans Papua Barat (foto: Detikcom)

HarianPapua.com – Proyek infrastruktur yang dikerjakan dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Indonesia Timur yang naik begitu pesat bahkan melewati angka pertumbuhan ekonomi nasional.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan ekonomi Indonesia yang bertumbuh di angka 5,17% selama tahun 2018 yang dipengaruhi oleh komsumsi baik pemerintah maupun rumah tangga.

Sedangkan untuk wilayah Indonesia Timur khususnya Maluku dan Papua, pertumbuhan ekonomi tercatat lebih besar dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Saya sampaikan memang kontribusi pertumbuhan ekonomi di wilayah timur itu kecil tapi pertumbuhan mereka lebih tinggi dari pertumbuhan nasional. Seperti Maluku dan Papua tumbuh 6,99%, kemudian Sulawesi 6,65%,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik, Suhariyanto dalam konferensi pers di kantor BPS, Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019).

Menurut Suhariyanto, pertumbuhan ekonomi wilayah Indonesia Timur tumbuh dengan pesat karena adanya pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah.

“Saya yakin kalau pertumbuhan ekonominya tinggi dan berkualitas maka akan pengaruh ke penyerapan tenaga kerja dan dampaknya akan mengurangi kemiskinan yang signifikan,” katanya.