Cina Disinyalir Telah Mencuri Teknologi Apple

148
Kantor Apple, perusahaan teknologi milik Amerika Serikat (foto: AP)

HarianPapua.com – Pemerintah Amerika Serikat melalui Direktur Dewan Ekonomi Nasional, Larry Kudlow, mencurigai adanya pencurian teknologi dari salah satu perusahaan teknologi ternama Amerika Serikat, Apple, oleh pemerintah Cina.

Hal ini dikatakan Kudlow sesaat setelah Kementerian Perdagangan Cina dengan terang menyatakan akan bertemu pihak AS untuk membahas tentang perdagangan pada awal minggu depan.

Tingkat kompetitif Cina terhadap Apple menjadi salah satu bahan dasar Kudlow berbicara demikian.

“Saya tidak ingin terlalu banyak menduga di sini, tetapi teknologi Apple mungkin telah “dicuri” China dan sekarang China menjadi sangat kompetitif dengan Apple. Anda harus memiliki aturan hukum,” terang Menteri Kudlow dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg .

“Ada beberapa indikasi terkait hal tersebut, tetapi kami belum bisa memastikan. Tidak ada penegakan (penyelidikan) yang konkret.” tambah Kudlow.

Pihak Apple sendiri masih enggan berkomentar terkait pernyataan baik Menteri Kudlow dan juga rencana pertemuan dua negara yang masih terlibat perang dagang sejak awal tahun 2018 hingga saat ini.

Cina sendiri ketika mengalami perlambatan ekonomi, pada saat yang sama Apple juga memangkas pendapatannya di kuartal 1 tahun 2019.

Sementara pada kuartal III tahun 2018, Apple masih mencatatkan diri sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar ketiga (setelah Samsung dan Huawei) sebagai pembuat smartphone.

Benarkan teknologi Apple benar-benar telah dicuri oleh pihak Cina?