Cara Tantowi Yahya Redam Isu Papua Merdeka

163
Ilustrasi bendera bintang kejora

HarianPapua.com – Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, mengaku memiliki tugas yang besar terkait isu Papua Merdeka yang selalu dikumandangkan oleh berbagai pihak asing yang mencoba mengganggu kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sejak April 2017, saya mendapat tugas khusus dari Bapak Presiden Jowo Widodo untuk menjaga kedaulatan Republik Indonesia, terutama menyangkut isu Papua. Di wilayah Pasifik Selatan, Papua menjadi isu yang selalu muncul,” ujar Tantowi di Jakarta, Selasa (22/1).

Pendekatan sosial menjadi salah satu strategi Tantowi Yahya dalam melihat lebih dalam inti masalah yang selalu digembar-gemborkan oleh para aktivis Papua Merdeka tersebut.

Tantowi Yahya juga mengakui bahwa dirinya tidak berfokus di Selandia Baru saja melainkan ada dua negara kepulauan lainnya yang menjadi tanggung jawabnya yaitu Samoa dan Tonga.

Di dalam kehidupan pemerintahan dua negara tersebut, isu-isu Papua Merdeka selalu berkembang dengan cepat hanya demi kepentingan politik domestik.

Bahkan, kedua negara tersebut pun menjadi negara yang paling sering dikunjungi oleh para pejuang atau aktivis Papua Merdeka.