Berenang Bersama Hiu di Teluk Cenderawasih

362
Sensasi berenang bersama ikan Hiu Paus (Whale Shark) di Teluk Cenderawasih (Foto: Okezone)

HarianPapua.com – Memang benar tidak ada habisnya jika kita berbicara tentang karya Tuhan yang begitu luar biasa lewat kekayaan alam yang ada di Tanah Papua.

Setelah kami membahas beberapa surga-surga pariwisata Papua dan Papua Barat yang tersembunyi, kini kami akan beralih menuju sebuah teluk yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para wisatawan lokal dan juga mancanegara yang sudah pernah berkunjung kesana. Benar, kita akan berbicara tentang Teluk Cenderawasih.

Bagi kamu yang belum tahu, sejak diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1993 lewat Kementerian Kehutanan, pesona Teluk Cenderawasih memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung kesana.


Teluk Cenderawasih

Banyak hal-hal istimewa yang bisa kamu temui di Teluk Cenderawasih yang merupakan salah satu perairan terluas di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini.

Tapi Ingat, jika kamu mau kesana kamu harus paham benar bahwa Teluk Cenderawasih merupakan kawasan konservasi laut terbesar dan terbilang sangat luas di perairan Indonesia.

Selain cantik dan juga menawan, di Teluk Cenderawasih sahabat sekalian bisa merasakan sensasi berenang bersama ikan Hiu Paus (Whale Shark), melihat langsung kura-kura, penyu dan bahkan berenang bersama ikan lumba-lumba. Menyenangkan bukan?

Di teluk yang cantik ini pun para wisatawan bisa melihat langsung berbagai macam biota laut yang terdapat disana. Ada 196 jenis moluska dan lebih dari 200 jenis ikan yang menghiasi indahnya dasar laut Teluk Cenderawasih.


Biota Laut dan berbagai jenis ikan di Teluk Cenderawasih

Selain itu, bibir-bibir pantai yang menawan dan ditemani oleh indahnya taman mangrove dan juga hutan tropika yang berada di setiap daratan Teluk Cenderawasih memang sangat memukau hati.

Oleh karena itu, hadirlah yang namanya Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang merupakan salah satu ekosistem yang indah dan merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi di akhir pekan ini.

Akses menuju Teluk Cenderawasih

Untuk berkunjung ke Teluk Cenderawasih sahabat HarianPapua.com terlebih dahulu harus menuju Kabupaten Manokwari (bisa lewat laut dan juga udara).

Dari Kota Manokwari, perjalanan akan dilanjutkan menuju sebuah Distrik yaitu Distrik Ransiki yang merupakan ibukota dari Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat.

Barulah dari Ransiki perjalanan menuju Teluk Cenderawasih dilakukan menggunakan long boat yang memakan waktu 2 hingga 3 jam.

Jangan takut, sesampainya di Teluk Cenderawasih, yang namanya Surga pariwisata itu akan langsung terlihat dan dinikmati disana.

Tertarik berkunjung ke Teluk Cenderawasih?