Bahu Jalan Bukan Lahan Parkir

51
Parkir Liar di bahu jalan yang sangat mengganggu pengguna jalan umum (Foto: HarianPapua.com)

HarianPapua.com – Maraknya para pengguna kendaraan beroda empat yang suka menjadikan bahu jalan sebagai lahan parkir kurang mendapatkan perhatian yang serius dari oleh pemerintah provinsi Papua.

Terlebih khusus sorotan bagi Dinas Tata Ruang dan Kota yang dinilai sangat malas dalam bekerja untuk menghadirkan suasana tatanan kota yang rapih dan bersih sehingga nyaman bagi para pengguna jalan.

Bisa beli mobil tidak bisa bikin parkiran (Foto:HarianPapua.com)

Keseriusan dalam menata kota memang kurang terlihat dari maraknya aksi parkir-parkir liar di sepanjang bahu jalan baik di Kota maupun Kabupaten Jayapura yang jelas-jelas sangat mengganggu para pengguna jalan lainnya.

“Saya lihat memang tidak ada perubahan dalam kota ini. Bukan hanya disini (Jayapura) tapi di kota-kota lain di Papua juga begitu mobil motor semua suka parkir sembarangan di bahu jalan raya” terang Edi, salah seorang warga ketika diwawancarai awak media HarianPapua.com, Minggu (10/2/2019).

Hal tersebut belum ditambah dengan tradisi manuver-manuver sopir angkot yang dengan sesuka hati berhenti di bahu jalan sembari menunggu penumpang layaknya sang pemilik jalan umum.

Pantauan media HarianPapua.com, buruknya penataan di Kota dan Kabupaten Jayapura tidak hanya terlihat di sepanjang jalan umum saja.

Penggunaan bahu jalan bahkan terlihat hingga ke dalam kompleks-kompleks perumahan yang mengakibatkan sering munculnya miskomunikasi atau salah paham antar warga yang merasa risih dengan para pengguna roda empat yang tak memiliki lahan parkir pribadi.