Ada Bibit Badai Siklon, Warga di Pesisir Pantai Harus Waspada

227
Siklon tropis yang diprediksi akan menghampiri wilayah utara Papua beberapa waktu lalu

HarianPapua.com – Masyarakat yang bermukim di pesisir selatan Provinsi Papua diingatkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika untuk terus berhati-hati dan tidak dianjurkan untuk melaut terlebih dahulu dalam beberapa waktu kedepan.

Hal ini mengingat gelombang laut yang masih sangat tinggi akibat pengaruh dari angin kencang dan potensi hujan deras yang masih akan terus terjadi hingga tanggal 6 Januari 2019 mendatang.

Selain itu, BMKG juga mendapati adanya bibit badai siklon di bagian sebelah utara Indonesia yang tepatnya berada di Laut China Selatan dan juga bibit badai siklon tropis di Teluk Carpentaria di Australia atau tepatnya berada di bagian selatan perairan Papua dan Samudera Hindia.

Badai siklon di Teluk Carpentaria sendiri berada pada posisi kecepatan angin yang mencapai angka 25 knots sementara badai siklon di perairan Laut China Selatan berada pada kecepatan 20 knots yang mana berpotensi tinggi menjadi badai siklon tropis dalam 24 hingga 48 jam kedepan.

“Kondisi ini menyebabkan pergerakan massa udara dari Asia yang bergerak menuju Indonesia mengalami penguatan, sehingga berdampak pula pada potensi peningkatan kecepatan angin, ketinggian gelombang laut dan berpotensi hujan deras di beberapa wilayah di Indonesia,” terang Deputi Bidang BMKG, Mulyono R Prabowo, Senin (31/12/2018).