KPU Mimika Harus Pertanggungjawabkan Dana Pilkada 2018

114
ilustrasi Pilkada serentak 2018

HarianPappua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika diminta untuk segera mempertanggungjawabkan dana hibah Pilkada 2018 oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bagian Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Mimika, Marthen Mallisa di Timika, Senin (15/10/2018) kemarin.

Marthen menilai tidak ada alasan bagi KPU Mimika untuk tidak mempertanggungjawabkan dana yang dikucurkan dari APBD Mimika untuk tahun 2017 dan 2018 tersebut termasuk alasan pengalihan kewenangan KPU Mimika oleh KPU Provinsi Papua.

“Siapapun yang melaksanakan anggaran tetap tanggung jawab, yaitu pengguna anggaran yang menandatangani semua dokumen kaitannya dengan pengelolaan keuangan. Sebab pengeluaran itu diketahui oleh pengguna anggaran oleh sebab itu wajib hukumnya untuk dilakukan pertanggungjawaban melalui yang bertanggung jawab saat itu apakah dari Provinsi atau siapapun yang ditunjuk sebagai gantinya,” tegas marthen.

Lebih jauh Marthen mengatakan permintaan untuk mempertanggungjawabkan keuangan yang dihibahkan Pemkab Mimika untuk pelaksanaan Plkada 2018 kepada KPU Kabupaten Mimika telah disampaikan berkali-kali melalui surat namun belum ada tanggapan positif dari KPU Mimika.

“Hal ini sudah berapa kali sebab hampir setiap bulan kami surati untuk melakukan pertanggungjawaban,” kata Marthen.

Selain itu Marthen juga mengatakan telah memberikan bantuan tersebut kepada KPU Mimika untuk diberikan juga kepada TNI/Polri dalam rangka pengamanan Pilkada 2018 namun hingga saat ini Marthen belum mengetahui apakah laporan pertanggungjawaban tersebut diberikan nantinya untuk dua institusi terkait sebagai laporan seluruhnya atau hanya sebagian.