Banyak Warga PNG yang Lebih Suka Berobat di Jayapura

1911
Perbatasan RI-PNG

HarianPapua.com – Warga negara tetangga Papua New Guinea (PNG) dilaporkan lebih banyak yang memilih untuk berobat di Kota/Kabupaten Jayapura.

Hal ini dikemukakan langsung oleh Konsul RI yang berada di Vanimo, Provinsi Sandaun, Papua New Guinea, Abraham Lebelauw yang mengakui bahwa banyak warga PNG yang lebih memilih untuk melakukan pengobatan di sejumlah rumah sakit dan poliklinik di Jayapura.

“Banyaknya warga PNG yang berobat ke Jayapura karena fasilitas kesehatan di Kota Jayapura lebih memadai dibanding di negaranya” kata pria yang akrab disapa Abe tersebut, Minggu (14/10/2018).

Lebih serin kata Abe, rumah sakit yang dituju oleh masyarakat PNG adalah Rumah Sakit Dian Harapan dan juga Rumah Sakit Dok 2 Jayapura.

Untuk klinik, warga PNG lebih sering berkunjung ke klinik-klinik gigi yang berada di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Bukan hanya warga Vanimo, Abe mengatakan banyak warga yang berasal dari Lae, Wewak dan juga Aitapae yang sering berkungjung untuk melakukan pengobatan di Jayapura.

Untuk itu, lebih lanjut Abe mengatakan bahwa hal tersebut seharusnya menjadi peluang pendapatan bagi instansi kesehatan di Kota dan Kabupaten Jayapura dan juga kesempatan-kesempatan atau peluang lain dalam setiap kunjungan medis yang dilakukan oleh warga PNG.

Abe juga menyayangkan belum adanya akses udara yang mampu mendukung akan warga PNG untuk dengan segera berobat ke Jayapura.

Oeh sebab itu, Abe berharap pemerintah mampu melihat peluang tersebut sedini mungkin. Selain bisa menjadi rumah kesehatan bagi para masyarakat PNG yang membutuhkan, Jayapura juga bisa menjadi destinasi wisata bagi para masyarakat PNG.