Waspada! Siklon Tropis Ancam Bagian Utara Papua

32630
Siklon tropis yang diprediksi akan menghampiri wilayah utara Papua

HarianPapua.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tentang adanya bada siklon tropis yang akan menghampiri wilayah Timur Indonesia, khususnya di Kabupaten Biak.

Badai siklon yang diberi nama Kong-Rey tersebut akan mampir di wilayah Samudera Pasifik tepatnya di bagian sebelah utara Papua.

Tepatnya, badai tersebut ada di sekitar 1.660 kilometer di sebelah utara Biak. Siklon tropis Kong-Rey berada di kecepatan 19 km/jam ke arah barat-barat laut menjauhi Indonesia. Kekuatan siklon tropis ini 60 knots atau setara dengan 110 km/jam.

Diperkirakan, dalam 24 jam ke depan atau 1 Oktober 2018, posisi siklon tropis ini ada di sekitar 1.870 km sebelah utara Biak.

Menurut rilis yang diterima, Minggu (30/09/2018), badai ini terus bergerak menjauhi wilayah Indonesia ke arah barat laut dengan kecepatan 15 km/jam.

Meski terus bergerak menjauh, siklon tropis Kong-Rey menimbulkan sejumlah dampak bagi beberapa wilayah Indonesia.

Dampak tersebut adalah potensi gelombang tinggi 1,25 hingga 2,5 meter terjadi di Perairan timur Kepulauan Talaud, utara Halmahera, Laut Halmahera, Perairan utara Papua Barat hingga Biak, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.