Investasi Amerika Disebut Penting Bagi Roda Ekonomi NKRI

239

HarianPapua.com – Duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr. mengatakan bahwa investasi Amerika Serikat berperan penting dalam roda perekonomian Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebut saja perusahaan-perusahaan besar muai dari aparel olahraga hingga perusahaan raksasa teknologi seperti Facebook dan juga Google yang turut melakukan investasi penting dalam roda perekonomian Indonesia.

Nike, salah satu aparel olahraga terkemuka di dunia pada tahun 2018 merayakan keberadaannya di Indonesia yang telah menginjak angka 30 tahun. Tentunya bukan waktu yang sangat singkat.

Belum lagi ditambah Chevron yang telah beroperasi selama 90 tahun di Indonesia dalam sektor pekerjaan kualitas tinggi dan penghasilan besar dimana Chevron turut menyumbang 200 miliar dolar Amerika untuk pemasukan Indonesia.

Menurut Dubes Donovan, investasi paling penting Amerika Serikat di Indonesia adalah PT Freeport Indonesia yang dinilai telah memberikan kontribusi sebesar Rp 23 triliun selama beroperasi dari tahun 1992 hingga tahun 2017. Padahal, jika dilihat 23 triliun merupakan jumlah yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan pendapatan yang Freeport sudah makan sejauh ini.

Perusahaan-perusahaan IT milik Amerika Serikat seperti Google, Facebook juga turut memberikan kontribusi yang signifikan dalam penjelasa Dubes Donovan.

Terbaru, perusahaan digital lainnya yaitu Cisco akan menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang tergabug dalam program Country Digital Acceleration atau program yang membuat pelayanan publi semakin lebih efisien dengan meningkatkan inovasi lokal, digitalisasi usaha kecil dan menengah.