Faktor Cuaca Jadi Alasan Pembangunan Stadion PON 2020

597
Pembangunan Stadion Olahraga Papua Bangkit, berlokasi di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, terus digenjot untuk mengejar target penyelesaian Desember 2018. ( Foto: suara pembaruan / robert isidorus vanwi )

HarianPapua.com – Pembangunan Stadion Papua Bangkit yang terletak di Kampung Harapan Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, diprediksi sukar untuk diselesaikan hingga akhir tahun 2018.

Pekerjaan stadion yang akan dijadikan sebagai venue utama PON 2020 tersebut hingga minggu ke-80 baru memasuki 72 persen.

“Hingga minggu ke-80 (September 2018), progres pekerjaan sudah mencapai 72%, dan kita berharap selesai tepat waktu. Namun karena curah hujan yang tinggi dan angin kencang membuat pekerjaan tertunda, yang akan berdampak juga pada penyelesaian akhirnya” terang Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Daud Ngabalin.

Daud mengaku tidak bisa terus-terusan memaksa para pekerjanya untuk terus bekerja ketika cuaca mulai memburuk.

“Risikonya besar, jadi pekerja melakukan tugasnya menyesuaikan dengan cuaca,” ujarnya.

Kendati demikian, Daud optimistis pembangunan akan rampung dengan baik, sehingga mega proyek itu bisa menjadi kebangggaan masyarakat di Tanah Papua.

“Stadion Papua Bangkit diharapkan menjadi cahaya dari timur untuk kebangkitan olahraga Papua dan negara kita tercinta,” katanya.

Stadion Papua Bangkit sendiri akan menjadi salah satu stadion termegah di Provinsi Papua dengan kapasitas 45.000 penonton atau setengah dari jumlah penonton di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.