Cina Kena Sanksi Eropa Setelah Melakukan Pembelian Pesawat Tempur dan Misil

293
Jet Tempur SU-35 buatan Rusia

HarianPapua.com – Negara Republik Cina mendapatkan sanki Eropa yang dberikan oleh Amerika Serikat setelah melakukan pembelian sejumlah jet tempur dan sistem rudal dari Rusia.

Hal ini dikarenakan Rusia masih mendapatkan sanksi karena disinyalir ikut campur dalam pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2016 silam.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan akan segera memberlakukan sanksi pada Departemen Pengembangan Peralatan China (EDD), cabang militer China yang bertanggung jawab atas senjata dan peralatan, dan direkturnya, Li Shangfu, karena terlibat dalam “transaksi signifikan” dengan Rosoboronexport yang menjadi eksportir senjata Rusia.

Sanksi yang diterima Cina tersebut terkait dengan pembelian 10 pesawat tempur SU-35 Tiongkok pada tahun 2017 dan sitem S-400 terkait rudal yang diluncurkan dari darat ke udara pada 2018, demikian terang Departemen Luar Negeri Amerika.

Sementara itu, Franz Klintsevich yang merupakan anggota parlemen Rusia mengatakan bahwa sanki yang diberikan kepada Cina sama sekali tidak akan memberi pengaruh pada kontrak pembelian Sistem S-400 untuk peluncuran rudal dan juga pembelian sejumlah Jet Tempur SU-35 Tiongkok.