Puluhan Motor Hasil Curian Kembali Diamankan di Sentani

303
Foto: Aman Hasibuan/Radio Elshinta

HarianPapua.com – Tim Gabungan Polres Jayapura mengamankan 47 unit kendaraan sepeda motor saat melaksanakan sweping di batas Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua yang diduga merupakan hasil curian.

Kapolres Jayapura AKPB Victor Dean Mackbon mengatakan, kendaraan-kendaraan tersebut diamankan Tim Elang dan Tim Cakra Polres Jayapura saat melaksanakan hunting di batas Kota Sentani dan Sentani Timur pada tanggal 24 Agustus hingga 10 September 2018.

“Dari ke 47 unit ranmor tersebut terdapat 5 unit motor yang ada laporan polisinya dengan masing – masing pelaku berinisial RP (45), NS (19) dan seorang penadah berinisial LT (43),” kata Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, Senin (10/9/2018).

Mackbon mengatakan, ke-47 unit motor yang berhasil diamankan, setelah dicek kelengkapan surat-suratnya, terdapat 5 unit yang memiliki laporan polisi.

“Sehingga dari 5 unit tersebut kami melakukan penyelidikan. Kami berhasil mengamankan 2 orang pelaku pencuri motor berinisial RP (45), NS (19) serta satu orang penadah berinisial LT (43),” katanya.

Menurut Mackbon, bahwa kedua orang pelaku dan pelaku penadah yang saat ini telah diamankan di Mapolres Jayapura akan jerat dengan pasal 362 KUHP tentang curanmor dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara, sedangkan seorang pelaku penadah kami jerat dengan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.

Kapolres menambahkan, dari 47 unit kendaraan bermotor tersebut sudah kembalikan sebanyak 12 unit kepada pemiliknya dengan membawa surat bukti kepemilikan kendaraannya.

“Jadi yang tersisa di Mapolres sampai sekarang ini sebanyak 35 unit, kami imbau kepada siapa saja yang merasa kehilangan kendaraannya dapat mengecek langsung di Mapolres Jayapura, tentu saja dengan membawa bukti – bukti kepemilikan yang sah,” tutur Mackbon.