Jangan Lupa! Datang dan Hadiri Pesta Budaya Asmat

241
Suku Asmat

HarianPapua.com – Pemerintah Kabupaten Asmat segera menggelar Festival Budaya Asmat untuk mengangkat budaya dan pariwisata kabupaten yang mekar dari Kabupaten Merauke tersebut.

Berbagai persiapan telah dilakukan, mulai dari seleksi ukiran, anyaman, tarian dan perahu yang akan ditampilkan pada festival budaya itu. Ada tujuh distrik yang didatangi tim penilai untuk melakukan seleksi tersebut. Tujuh distrik tersebut yaitu Distrik Safan, Atsj, Betsbamu, Jetsy, Sawa Erma, Unir Sirau, dan Agats.

Dari hasil seleksi, ada 214 ukiran, 75 anyaman, 6 kelompok tari dan kelompok manuver perahu yang akan ditampilkan pada festival budaya Asmat tahun ini.

“Tanggal 4 hingga 5 Oktober pagi, peserta lakukan registrasi. Sedangkan tanggal 5 sorenya pembukaan dilanjutkan dengan pawai keliling Kota Agats” terang Ketua Panitia Festival Budaya Asmat, Erick, Sabtu (8/9/2019).

Festival Budaya Asmat sejatinya sudah berlangsung sejak 30 tahun silam. Selama itu, pesta budaya ini selalu membawa tema pelestarian nilai-nilai luhur budaya Asmat demi melestarikannya kepada anak cucu para leluhur.