Ridwan Kamil dan Lukas Enembe 100 Persen Jokowi Lovers

839
Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe

HarianPapua.com – Gubernur Jawa Barat terpilih, Ridwan Kamil dan Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe secara terang-terangan menyatakan dukungan mereka kepada calon presiden Jokowi-Ma’aruf yang akan bertanding melawan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada pilpres 2019 mendatang.

Ada hal yang menarik seusai pelantikan, dua gubernur terpilih, yakni Ridwan Kamil dan Lukas Enembe menegaskan, mereka mendukung Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang. Padahal, diketahui keduanya adalah kader dari partai politik (parpol) pendukung kubu pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Ridwan Kamil, atau yang akrab disapa Emil, tak sungkan menyebut Jokowi adalah calon presiden (capres) pilihannya. Ia menyebut pilihan politiknya itupun tak perlu dipertanyakan kembali.

“2019 saya dukung Pak Jokowi, sudah clear. Tidak usah ditanyakan lagi,” kata Emil, usai pelantikan gubernur di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Sementara itu, Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mengatakan suara rakyat Papua sudah harga mati 100 persen nilainya untuk Jokowi yang dinilai sangat membangun Papua dari ketertinggalan.

“Jokowi itu harga mati 100 persen. Kita akan bungkus suara untuk Jokowi tidak ada yang lain, untuk seluruh rakyat Papua, catat itu,” tegas Enembe.

Lukas Enembe pun mengaku siap menerima sanksi dari partainya karena perbedaan politik yang dipilihnya. “Sanksi, sanksi silakan saja,” kata dia.

Berbeda dengan Emil, Lukas mau menjelaskan alasannya mendukung Jokowi di Pilpres 2019. Menurut dia, Jokowi lebih memahami kondisi Papua daripada presiden-presiden sebelumnya. Selain itu, ia juga menilai, Jokowi mampu menyelesaikan masalah di Papua.

“Siapa pun presiden, tapi saat ini yang terbaik Jokowi. Dia sudah lihat masalah kita banyak di Papua. Semua permasalahan di Papua dia memahami. Selama ini orang Jakarta tidak tidak tahu Jokowi baru memahami bahwa ternyata Papua lebih susah itulah,” jelas dia.