Kali Biru, Serpihan Surga di Kota Jayapura

7080

HarianPapua.com – Siapa sih yang tak terpukau dengan keindahan sumber daya alam Tanah Papua yang sudah mendunia? Berbicara tentang alam Papua memang tidak akan pernah ada habisnya.

Mulai dari indahnya gugusan kepulauan Raja Ampat, Teluk Triton di Kaimana, Telaga Biru di Pulau Biak, Surga Diving Rumberpon hingga Pantai Lampu Satu di Merauke.

Namun kali ini saya mencoba membawa teman-teman sekalian untuk melihat salah satu Surga tersembunyi yang terdapat di kota kelahiran saya, Jayapura City, yang merupakan Ibukota dari Provinsi Papua. Wisata Kali Biru, begitulah orang-orang menyebutnya.

Jika kita menggunakan bahasa indonesia yang benar menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kali Biru sama saja artinya dengan Sungai Biru.

Hal ini dikarenakan warna air dari sungai tersebut yang benar-benar biru dan seolah-olah membawa kita kepada pemandangan laut yang begitu dalam. Letaknya berada di Kampung Genyem, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Untuk mencapai Wisata Kali Biru ini, teman-teman dari luar Kota Jayapura bisa terlebih dahulu membeli tiket moda transportasi pilihan teman-teman sekalian.

Jika menggunakan transportasi udara, teman-teman akan langsung mendarat di Bandara Sentani, Jayapura, yang jaraknya sudah tidak jauh lagi atau hanya 2 jam saja ke lokasi Wisata Kali Biru tersebut.

Namun jika teman-teman menggunakan moda transportasi laut, tahu sendirilah kapal laut lelahnya bagaimana hehehe.

Apalagi kalau teman-teman melakukan perjalanan dari Jakarta (Tanjung Priok) menuju Pelabuhan Jayapura hanya untuk melihat Wisata Kali Biru? Jadi malas ngomongnya (artinya mending naik pesawat bagi mereka yang datang dari Pulau Jawa).

Tapi jangan salah yah, meskipun jaraknya 2 jam dari pusat keramaian kota namun setibanya di lokasi Wisata Kali Biru, kepenatan teman-teman sekalian pasti langsung lenyap. Birunya air kali yang juga dingin dan menyegarkan tersebut telah siap memanjakan teman-teman traveler sekalian.

Dengan letak tepat di bawah kaki gunung, Wisata Kalibiru menawarkan pemandangan alam yang tak kalah hebatnya dengan serpihan surga lain yang berada di Provinsi Papua.

Harga karcis masuk ke tempat Wisata Kalibiru yang murah dan terjangkau pun membuat banyak keluarga yang memilih menghabiskan waktu senggang dengan orang-orang terkasih ketimbang harus ke pantai yang sudah banyak dikunjungi oleh keluarga-keluarga lainnya.

Jika hanya untuk sekedar melepas penatnya kehidupan di tengah kota, Wisata Kali Biru dapat menjadi alternatif terbaik di Kota Jayapura. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi indah, segar dan uniknya Wisata Kalibiru di Kampung Genyem?