Daftar Bandara Paling Keren di Provinsi Papua

2678
Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura

HarianPapua.com – Tidak dipungkiri lagi kekayaan alam yang melimpah membuat Provinsi Papua menjadi Surga yang tersembunyi dan hampir jarang diekspos atau diketahui oleh kebanyakan orang.

Tak heran jika ditambah dengan nuansa politik, provinsi di ujung timur Indonesia tersebut sering terlihat menjadi yang terbelakang dalam segala hal.

Namun kini, Provinsi Papua mulai kelihatan tajinya dalam segi pembangunan (meskipun masih perlahan-lahan melaju menuju yang terbaik).

Dengan Joko Widodo menjadi Presiden Republik Indonesia, banyak perubahan yang telah dilakukan salah satunya dengan mendukung kemajuan pembangunan infrastruktur.

Berikut bandara-bandara keren yang ikut serta imbas kemajuan infrastruktur di tanah Papua:

1. Bandar Udara Sentani

Bandar Udara Sentani (foto: Instagram@agusekaindra)

Terletak di pinggiran Danau Sentani, bandara yang satu ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa cantiknya bagi para penumpang maskapai penerbangan yang hendak mendarat maupun berangkat dari Bandara Sentani.

2. Bandara Internasional Frans Kaisiepo

Bandara Frans Kaisiepo (Instagram@dwinto_alkhafiz)

Merupakan bandar udara terpanjang ke-4 di indonesia dan menjadi pusat penerbangan bersejarah pada masa penjajahan Belanda dan masa pembebasan Irian Barat. Meskipun kini bangunan bandara tersebut sudah terlihat lebih modern, namun sentuhan tradisional masih terasa disana.

3. Bandar Udara Mozes Kilangin

Bandara Mozes Kilangin (Foto: instagram@charerusu)

Bandara yang berada di Timika ini diresmikan pada tanggal 18 Juli 2008 oleh Menteri Perhubungan saat itu, Jusman Syafii Djamal. Bandara Mozes Kilangin tidaklah terlalu besar, memiliki landasan pacu sepanjang 2.930 meter dan lebar 45 meter.

Aktivitas bandara ini tidak terlalu padat. Selain melayani penerbangan antar pulau, di Bandara Mozes Kilangin juga memiliki penerbangan antar kota seperti Amax, Trigana, Susi Air, Jhon dan MAF. Bandara Mozes Kilangin dimiliki oleh PT Freeport.

4. Bandar Udara Internasional Mopah

Bandar Udara Internasional Mopah, Merauke

Terletak di Kota Rusa, Merauke, Bandara Mopah merupakan satu dari sekian banyak bandara di Indonesia yang dibangun oleh tentara sekutu pada perang dunia ke-2 tahun 1943.

Terlihat disana ornamen-ornamen Suku Marind (penduduk asli Merauke) yang menghiasi indahnya bandara yang menjadi pintu masuk destinasi menuju pantai Lampu Satu tersebut.

5. Bandar Udara Wamena

Bandar Udara Wamena

Berbentuk seperti rumah Honai, Bandar Udara Wamena menjadi jantung transportasi udara menuju pelosok Pegunungan Tengah dan daerah pemekaran yang terletak di antara gunung-gunung yang menjulang tinggi.

Jangan salah, panorama alam pegunungan Papua bisa terlihat disana dengan begitu cantik.