Melihat Sentani, Ibu Kota Kabupaten Jayapura dan Perkembangannya

1416
Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura

HarianPapua.com – Pertumbuhan penduduk per 31 Juli 2018 di Kabupaten Jayapura tumbuh subur dengan bertambahnya jumlah jiwa yang mencapai 7000 jiwa. Hal ini terlihat dari hasil perekaman e-KTP yang ditunjukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura.

“Pertambahan penduduk di kabupaten ini cukup signifikan naiknya dari bulan Juni kalau dilihat dari hasil release dari Kementerian Dalam Negeri RI itu jumlah penduduk sebanyak 167.504 jiwa. Jadi ada kenaikan penduduk kurang lebih 7.000 jiwa,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura, Edy Susanto kepada wartawan, Senin (3/9/2018).

Edy mengatakan bahwa bertambahnya jumlah jiwa di Kabupaten Jayapura tidak terlepas dari perkembangan Kota Sentani yang memiliki daya tarik tersendiri dari sudut pandang bisnis.

Bahkan, kata Edy, para penduduk yang berada di Kota Jayapura pun kini mulai pelan-pelan melirik Kota Sentani yang dinilai sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin datang dan berusaha serta memajukan kota itu sendiri.

“Kita melihat penduduk Kota Jayapura banyak yang sudah mulai melihat di Kabupaten Jayapura karena memang kabupaten ini relatif terbuka untuk pemukiman, kemudian saudara-saudara kita yang dari daerah lain di luar Kota Jayapura juga melihat Sentani cukup menjanjikan untuk perkembanganya, sehingga mereka juga banyak melakukan perpindahan dari daerah asalnya ke Kota Sentani,” ujarnya.

Dengan Provinsi Papua yang sementara bersedia untuk menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020, Kabupaten Jayapura akan menjadi pusat penyelenggaraan PON sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para atlit yang akan bertanding nanti.

Tak lupa, panorama indah Danau Sentani dan Gunung Cyclop pun akan mewarnai hari-hari para atlit di Kabupaten Jayapura nantinya.