Jayapura Yang Semakin Hongkong Di Malam Hari

48833
Pemandangan Kota Jayapura di Malam hari (foto: IDNTimes)

HarianPapua.com – Sebutan Kota Jayapura sebagai Hongkong di malam hari memang bukan hal baru. Sejak dulu sebutan ini sudah ada di tengah masyarakat karena banyak yang membanding-bandingkan keberadaan Jayapura dengan Hongkong yang sama-sama berada di tepi laut atau kota pelabuhan.

Pada malam hari Hongkong akan terlihat cantik dengan kelap-kelip lampu yang berasal dari gedung pencakar langit sehingga cahaya lampu yang terpancar hingga ke laut membuat suasana kota semakin cantik.

Pemandangan di Hongkong ini kemudian disamakan dengan Jayapura pada malam hari. Jika dulu pancaran cahaya lampu yang terpantul ke laut hanya berasal dari beberapa gedung tinggi dan rumah-rumah yang berada di perbukitan, harus diakui kondisi ini perlahan mulai bergeser.

Beberapa gedung tinggi yang terdiri dari mall, perkantoran hingga hotel yang kini mulai meramaikan pusat kota membuat suasana Jayapura semakin mirip Hongkong sebenarnya ketika malam tiba.

Jalanan Jayapura juga semakin ramai dengan kendaraan ketika malam hari. Aktivitas masyarakat biasa diisi dengan berburu kuliner atau sekedar bersantai di taman kota.

Bahkan, kini di sekitaran taman imbi sering dijadikan tempat pertemuan sejumlah komunitas kawula muda yang turut meramaikan suasana malam Jayapura.

Pemerintah Kota pun belakangan telah menghiasi langit-langit ruas jalan dengan lampu hias berwarna-warni. Akhirnya masyarakat Kota Jayapura sekarang tak lagi ragu menjelaskan kepada mereka yang baru datang ke Jayapura bahwa sebutan Hongkong di malam hari layak disematkan bagi ibukota provinsi Papua ini