Spear Pishing Kian Serius Mengancam Transaksi Bisnis Online

232
ilustrasi hacker

HarianPapua.com – Teknik pencurian data yang dilakukan oleh para peretas (Hacker) menggunakan Spear Pishing kian mengancam segala urusan transaksi bisnis bahkan perbankan.

Rusia menjadi salah satu negara dengan tingkat peretas (Hacker) jahil sedunia yang sudah menjadi tren dalam aksi-aksi penyerangan terhadap database instansi-instansi besar di Eropa bahkan Amerika Serikat sendiri.

Amerika Serikat yang dikenal dengan negara adidaya tak mampu membendung serang-serangan para Hacker dari Rusia yang sudah sering melakukan aksi jahilnya tersebut.

Lantas, apakah Spear Pishing itu?

Pishing sendiri dikenal dengan teknik mengirimkan ribuan email palsu (dari pelaku ke komputer korban) yang berisikan berbagai macam tawaran dan hiburan yang menggiurkan seperti hadiah menang undian, mendapatkan pulsa gratis atau bahkan tiket gratis jalan-jalan ke luar negeri.

Pelaku kemudian meminta korban untuk meng-klik alamat situs palsu yang sudah disertakan dalam email tersebut. Ketika sang korban meng-klik alamat situs palsu tersebut, sang pelaku dengan mudahnya telah berhasil memasang perekam keyboard (digunakan untuk merekam aktifitas keyboard PC/Laptop) untuk kemudian digunakan dalam melihat segala aktifitas yang terjadi ketika sang korban bekerja menggunakan Laptop atau PC yang sudah terkontaminasi virus jahat.

Hingga saat ini Spear Pishing masih terus mengancam segala data pribadi via media online ataupun situs-situs belanja online lainnya.

Cara mengatasi Spear Pishing

Untuk mengatasi atau menghindari diri anda dari teknik Spear Pishing tersebut, sangat dianjurkan untuk tidak dengan mudahnya mengikuti semua arahan yang diberikan melalui email palsu tersebut.

Jika anda merasa curiga ketika menerima email yang berisikan tentang promo-promo wisata, belanja online maupun tiket perjalanan gratis ke luar negeri, silakan anda bisa konfirmasi terlebih dahulu kepada para pemilik promosi dari email palsu tersebut.

Contohnya saja anda menerima email tiket perjalanan gratis dari Traveloka atau situs tempat jual-beli tiket pesawat online lainnya, silakan bisa anda kunjungi situs resminya untuk mengecek kebenaran tentang promo yang baru saja anda terima via email palsu tersebut.