Kekurangan Dana, Persiapan Atlet PON 2020 Terganggu

203

HarianPapua.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua harus mengudurkan persiapan para atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) asal Papua lantaran disinyalir adanya kekurangan dana dalam mempersiapkan kematangan para atlit menuju event olahraga nasional yang akan diselenggarakan baik di Provinsi Papua dan juga Papua Barat.

“Sebenarnya sudah harus(mulai persiapan), namun karena cabor meminta atlet semua harus tahapan test fisik dan kesehatan, sehingga dalam pertemuan dengan seluruh pengprov cabor, kita sepakat mulai TC berjalan bulan September,” terang Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya.

Lebih lanjut Kenius mengatakan bahwa KONI Papua juga dalam waktu dekat akan turun ke daerah untuk melakukan test kesehatan dan fisik mengingat atlet dari tiap cabor masih berada didaerah, yang selanjutnya hasil tersebut diberikan kepada tim dokter Labkesda Papua.

“Kita mau test semua di Jayapura, tapi KONI saat ini belum punya cukup dana. Makanya dalam minggu ini kita turun ke daerah ambil sample di Timika, Merauke. Dan karena waktu mepet kita menyiasati persiapkan atlet dari sekarang,” katanya.

Dimundurnya pemusatan latihan bagi para atlit PON Papua sendiri memang sebuah kemunduran tersendiri yang perlu perhatian khusus. Masalah kekurangan dana selalu menjadi masalah klasik yang mewarnai kemajuan di Bumi Cenderawasih akibat banyaknya pejabat-pejabat perut besar yang suka mengambil apa yang tidak seharusnya mereka ambil.