Ayo ke Biak Nonton Festival “Biak Munara Wampasi”

571
Festival Biak Munara Wampasi (foto: Liputan6)

HarianPapua.com – Kabupaten Biak Numfor menyelenggarakan acara Festival Biak Munara Wampasi 2018 yang mulai berlangsung tanggal 22 hingga 25 Agustus 2018.

Festival Biak Munara Wampasi akan memperlihatkan eksotisnya Papua terlebih khusus Kabupaten Biak Numfor. Namun apa saja yang menjadi tontonan menarik sepanjang event tersebut berlangsung?

Dilasir Lipuran6.com, sedikitnya ada 11 sub-event yang akan dipamerkan dalam festival tersebut. Mulai dari parade seni dan budaya, sport tourism, expo, perlombaan, musik hingga workshop.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, bahkan tidak ragu untuk memberikan pujian terhadap kegiatan ini. Asal tahu saja, Kementerian Pariwisata mendukung penuh Festival Biak Munara Wampasi.

“Festival Biak Munara Wampasi ini event yang besar. Festival ini salah satu event terbaik yang dimiliki Papua. Atraksi yang ditampilkannya sangat beragam dan terbaik,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Senin (20/8).

Festival Biak Munara Wampasi 2018 akan digelar di lima venue. Ada di Biak Kota, Kepulauan Padaido, Hotel Asana, Lapangan Cenderawasih, juga Kampung Samber atau Binyeri. Sebagai pemanasan, Lomba Memancing, Workshop Fotografer, Pameran Ekonomi Kreatif, dan Hiburan, akan menjadi pembuka festival, Rabu (22/8).

Opening Ceremony baru akan dilaksanakan pada hari Kamis (23/8/2018) besok. Setelah itu, kegembiraan akan dilanjutkan dengan Snap Mor di Kampung Sember atau Binyeri. Biar tidak bingung, Snap Mor adalah kegiatan menangkap ikan di air laut surut atau mati.

Festival Biak Munara Wampasi sendiri akan menghadirkan Apen Beyern atau atraksi berjalan di atas Api yang terkenal dari Kabupaten Biak Numfor.

Pengalaman lebih pasti kita dapatkan jika hadir di Festival Biak Munara Wampasi. Sebab, ada Tour Padaido dan Pasific Taour. Ada juga Diving dan Selam Tradisional yang dikmas dalam konsep eksibishi, hingga Parade Wor juga Yospan. Menggenapi adrenalin, Lomba Lari Biak 10K digelar. Lomba lari ini sangat terbuka bagi umum. Selain itu, digelar juga Tur Darat 3 destinasi. Yaitu Gua Jepang, Monumen PD II, dan Gua Lima Kamar.

Festival Biak Munara Wampasi akan ditutup dengan empat event di Lapangan Cenderawasih. Ada Fun, Fit, & Food, Pesona Kuliner, closing ceremony, hingga beragam hiburan yang digelar hingga pukul 22.00 WIT.