Palapa Ring Indonesia Tengah Operasi September Mendatang

197
Ilustrasi Pengguna Internet

HarianPapua.com – Menteri Kominfo Rudiantara menyebut bahwa Palapa Ring di Indonesia bagian tengah diharapkan akan mulai beroperasi pada akhir bulan September mendatang.

Sementara konstruksi infrastruktur Palapa Ring di Indonesia bagian timur diharapkan selesai pada bulan Desember. Sementara itu kabel fiber optik di daerah Indonesia bagian barat sudah mulai beroperasi sejak bulan Maret lalu.

“Sehingga tahun 2019 nanti kita, semua kabupaten, kotamadya di Indonesia yang jumlahnya ada 514, itu sudah terhubung dengan jaringan tulang punggung internet kecepatan tinggi,” kata Rudiantara saat ditemui di daerah Jakarta Selatan, Jumat (10/8).

Ia mengaku hingga saat ini masih terdapat ketidakadilan dalam distribusi internet di Indonesia. Sebagai contoh, ia membandingkan kecepatan internet yang dapat diakses oleh masyarakat Jakarta dengan kecepatan internet di Maluku da Papua.

“Sekarang kita di sini memanfaatkan [koneksi] 4G dengan kecepatan rata-rata tujuh Mbps, tapi saudara kita yang di Papua, Maluku, mereka baru 300 Kbps,” ujar Rudiantara. “Dan mereka harus membayar lebih mahal dibanding kita yang tinggal di Jakarta,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, dengan Palapa Ring Kemenkominfo hendak memastikan bahwa seluruh masyarakat di Indonesia memiliki akses internet dengan kecepatan dan tarif yang sama. (eks)