Orang Terkaya di Indonesia Ikut Asian Games

148
Ketua Umum PB GABSI, Ekawahyu Kasih bersama Ketua Dewan Pembina PB GABSI, Michael Bambang Hartono di Margo Hotel, Depok, Jawa Barat dalam test event bridge menuju Asian Games, 28 November-5 Desember (foto/Kompas)

HarianPapua.com – Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 sudah dikukuhkan. Ada atlet termuda dan tertua. Atlet tertua Indonesia adalah Michael Bambang Hartono. Bambang merupakan salah satu pemilik Grup Djarum. Keterangan itu ada di situs resmi Asian Games 2018.

Ia juga orang terkaya Indonesia, menurut Forbes. Bambang Hartono bersama Budi Hartono, dikutip dari Forbes, mempunyai kekayaan 32,3 miliar dollar AS. Dengan kekayaan sendiri 16,7 miliar dollar AS, Bambang menjadi orang terkaya ke 75 dunia, versi majalah yang sama. Bambang kini berusia 79 tahun. Ia bertanding di cabang olahraga Bridge. Bambang sudah lama menekuni olahraga ini. Ia berkali-kali bergabung dalam tim bridge Indonesia untuk kejuaraan internasional. Misalnya, tahun 2015, Bambang ikut tim yang menjuarai APBF Championship 2015.

Keterlibatan Bambang di olahraga ini mendapat pengakuan dari World Bridge Federation (WBF). Pada Mei 2017, mereka menganugerahkan WBF Gold Medal kepada dirinya. Penghargaan ini diberikan karena jasa Bambang mengembangkan olahraga Bridge di Indonesia.

Hingga usianya sudah lanjut, Bambang memang tetap setia bermain Bridge. Motivasinya ikut berlaga di Asian Games, pastinya itu bukan karena iming-iming hadiah uang. Atau uang makan atlet sehari Rp 1 juta dari Pemerintah.