Pulau Ahe, Surga Kecil di Lepas Laut Nabire

197
Pulau Ahe di Lepas Laut Kabupaten Nabire

HarianPapua.com – Menjelang akhir pekan, destinasi-destinasi tempat wisata biasanya sudah mulai dilirik mereka yang aktifitasnya sangat padat di sepanjang minggu. Tak hanya sekedar melepas kepenatan, namun akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk bersantai dengan orang-orang tersayang.

Kali ini kita bergeser dari Selatan ke Utara, tepatnya di lepas laut Nabire terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Ahe. Pulau ini sudah menjadi target wisatawan nasional bahkan mancanegara yang hendak menginjakan kakinya di Papua, secara khusus di Nabire.

Terletak bersama beberapa pulau lain di Kepulauan Mambor, pulau yang memiliki luas hanya sekitar 300 meter persegi ini dapat ditempuh dari Pelabuhan Samabusa menggunakan kapal motor dengan estimasi waktu 1 jam perjalanan.

Jangan kaget ketika sampai di Pulau Ahe karena kondisinya yang masih alami, bersih dari sampah dan sudah pasti memberikan kenyamanan lewat pemandangan lautnya yang menakjubkan.

Selain juga memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas, Pulau Ahe memiliki garis pantai yang landai sehingga cukup aman untuk berenang disana. Kalian dapat menemukan sejumlah biota laut seperti beberapa spesies ikan dan terumbu karang yang masih alami.

Disana ada beberapa atraksi kesenian dan budaya yang kerap ditampilkan masyarakat adat setempat untuk menghibur para pengunjung pulau. Terakhir, kalian juga dapat menikmati wisata sejarah bangkai pesawat tua peninggalan sekutu pada perang dunia kedua.

Pesawat ini dulunya berada di laut sekitar pulau, namun oleh Dinas Parawisata Kabupaten Nabire yang mengelola Pulau Ahe pesawat ini dipindahkan ke darat sebagai tambahan wisata pengunjung yang datang.