Pantai Harlem, Kesederhanaan Dan Kekayaan Lain Alam Papua

374
Pantai Harlem yang terletak Kabupaten Jayapura

HarianPapua.com – Cukup jauh untuk menjangkaunya dari pusat Kota Jayapura, paling tidak perjalanan sesi pertama membutuhkan tiga jam untuk sampai di Desa Tablanusu, yang kemudian dilanjutkan dengan perahu nelayan setempat.

Itulah garis besar bagaimana perjalanan menuju ke Pantai Harlem, sebuah pantai dengan hamparan pasir putih di sepanjang mata memandang. Sulit untuk menjangkaunya karena terletak di balik kepingan teluk tanah merah, namun akan lebih sulit bagi kalian melupakan kebahagiaan setelah berada disana.

Perjalanan laut dengan sedikit ombak yang menggoyang-goyangkan perahu nelayan untuk sampai ke Harlem akan jadi pengalaman tersendiri bagi kalian yang mungkin belum pernah mencobanya.

Pantai Harlem masih begitu bersih, ramah, dan sejuk karena belum banyak masyarakat yang tinggal disana. Pun dengan perpaduan hijaunya pohon kelapa, riuh rendah air laut yang berwarna biru langit, hingga keceriaan anak-anak kecil yang sedang bermain air akan kalian jumpai ketika pertama kali injakan kaki disana.

Tidak banyak fasilitas yang bisa ditawarkan Pantai Harlem seperti halnya pantai-pantai lain, di Bali misalnya. Disana tak ada kafe, restaurant mewah, apalagi hotel berbintang. Namun itulah kesederhanaan yang dimilikinya, juga merupakan kekayaan lain alam Papua.

Bersantai di Pantai Harlem dengan aktifitas menyelam, berenang, snorkling, atau sekedar membaca buku sanggup membuat pikiran kalian yang jenuh dengan aktifitas sehari-hari di kantor, perkuliahan bahkan sekolah akan hilang seketika.

Satu hal lain yang begitu terasa, masyarakat di Pantai Harlem yang jumlahnya mungkin tak mencapai 100 orang sangat ramah dan mudah berbaur dengan pengunjung, khas masyarakat Papua. Kalian akan semakin nyaman dan betah untuk berada disana.

Gimana? penasaran untuk kesana? Tetap jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan ya.. !