Intip Jernihnya Danau Uter di Kabupaten Maybrat yang Bikin Takjub

147
Danau Uter yang terletak di Kabupaten Maybrat

HarianPapua.com – Papua sebagai salah satu surga wisata Tanah Air tak pernah kehabisan destinasi menarik untuk dikunjungi para turis lokal maupun mancanegara.

Mulai dari wisata bahari seperti Raja Ampat yang telah mendunia, hingga tempat-tempat ‘baru’ yang belum banyak diketahui wisatawan. Salah satunya yaitu Danau Uter yang terletak di Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

Danau ini memiliki air yang sangat jernih sehingga pandangan mata dapat melihat keseluruhan ekosistem air tawar yang berada di dasar danau. Jika hari sedang cerah, cahaya matahari menembus sudut-sudut danau sehingga pemandangan terlihat lebih eksotis.

Semarak pepohonan hijau di tiap sisi-sisi danau juga akan membuat suasana tenang yang bikin siapa saja jadi takjub serta betah untuk berlama-lama di sana.

Untuk mencapai danau ini memang bukan perkara mudah. Jika perjalanan dilakukan dari Sorong, maka waktu tempuh jalur darat akan memakan waktu sekitar 5 jam dan bisa lebih.

Namun jika ingin lebih cepat sampai, perjalanan menuju Maybrat dapat dilakukan menggunakan pesawat kecil untuk tiba di Bandara Kambuaya, dan sisanya dilanjutkan dengan perjalanan darat selama satu jam.

Bagi para backpacker, alternarif pertama lebih disarankan karena dari segi biaya tidak semahal menggunakan pesawat.

Danau Uter secara geografis terletak di Kampung Sris, Distrik Aitinyo. Dimana Distrik Aitinyo merupakan satu dari total 11 distrik yang membentuk Kabupaten Maybrat.

Masyarakat yang menghuni Kampung Sris rata-rata merupakan penduduk asli suku Maybrat yang ramah kepada setiap pengunjung yang datang ke Danau Uter.