Berburu Sunrise dan Sunset di Dermaga Kaipuri, Pulau Kurudu

356
Dermaga Kaipuri di Kepulauan Yapen

HarianPapua.com – Jauh di ujung Timur Kepulauan Yapen, terdapat Pulau Kurudu yang merupakan salah satu distrik dari wilayah pemerintahan di kabupaten tersebut.

Kecuali bagi mereka yang berasal dari sekitar wilayah Teluk Cenderawasih, atau wilayah adat Saireri, Pulau Kurudu belum banyak diketahui masyarakat Papua lainnya. Apalagi untuk mereka yang berasal dari dataran pegunungan Papua.

Lokasi Pulau Kurudu sangat strategis bagi jalur transportasi kapal laut yang beroperasi di Papua. Dua selat yang diciptakan di kedua ujung pulau adalah jalan bagi kapal laut khususnya kapal perintis yang hendak menuju ke Serui, Waropen dan Nabire dari Jayapura, mau pun arah sebaliknya.

Sesuai dengan namanya, Pulau Kurudu, masyarakat di tempat ini sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Hasil-hasil tangkapan ikan yang didapat rata-rata dijual ke sesama warga pulau, atau dibawa menuju Serui untuk dijual.

Untuk akses transportasi umum warga, hanya tersedia kapal perintis yang masuk ke Pulau Kurudu. Baik masuk di dermaga Kurudu yang berada di sebelah utara pulau dan dermaga Kaipuri di selatan pulau.

Masyarakat setempat juga kerap memanfaatkan masuknya kapal perintis ke dermaga Kurudu dan Kaipuri untuk menjual hasil tangkapan laut mereka. Ada yang sudah dimasak mau pun ikan-ikan segar mentah yang ditawarkan kepada para penumpang transit.

Begitulah kira-kira gambaran kecil kehidupan masyarakat di Pulau Kurudu. Mereka sebagian besar ditopang kekayaan alam baharinya yang luar biasa.

Berburu Sunrise dan Sunset

Bagi penumpang kapal perintis yang pernah transit di Dermaga Kaipuri, menikmati sunrise dan sunset merupakan bonus dalam perjalanan.

Jika kapal masuk pada malam hari dan berlabuh di dermaga hingga pagi hari, maka pengunjung dapat menikmati pemandangan sunrise atau matahari terbit dengan begitu jelas.

Begitu juga jika kapal masuk di sore hari, maka keindahan matahari terbenam yang seakan ingin tenggelam ke dalam laut jadi obat mencuci mata dalam lelahnya perjalanan.

Ada satu lagi, di dermaga Kaipuri air lautnya sangat bersih dan tak ada larangan bagi siapa saja yang ingin mandi di sana sembari menunggu kapal yang sedang berlabuh.